Kisah Nabi Ibrahim Melihat Rupa Malaikat Maut Saat Mencabut Manusia Durhaka

Pada suatu hari nabi Ibrahim As. berkata kepada malaikat pencabut nyawa. "Tunjukkan kepadaku wajah yang kau gunakan untuk mencabut nyawa orang yang banyak berbuat dosa (fajiir)".
"Engkau tidak akan mampu melihatnya". Jawab malaikat maut. "Aku mampu". jawab nabi Ibrahim.
"Palingkan wajahmu". Pinta Izrail.
Setelah memalingkan wajahnya, nabi Ibrahim kembali memandang malaikat maut. Beliau melihat malaikat maut teLah berubah menjadi seorang laki-laki yang hitam dan keluar dari lubang hidung dan mulutnya kobaran api dan asap yang mengepul. Melihat pemandangan yang mengerikan tersebut nabi Ibrahim As. jatuh pingsan.
Malaikat maut pun kembali ke wujud semula. Setelah siuman nabi Ibrahim berkata. Wahai malaikat maut. Andai saja orang-orang yang banyak bermaksiat hanya melihat wajahmu ketika engkau cabut nyawanya, itu sudah cukup mengerikan baginya.
Itulah sebuah kisah yang dapat kita ambil hikmahnya diantaranya bahwa malaikat maut dapat berubah rupa. Ketika mencabut ruh orang mukmin maka malaikat maut berubah menjadi sosok yang menyenangkan dan berbau wangi. Sebaliknya apabila mencabut ruh orang fajiir maka malaikat maut akan berubah menjadi sosok yang mengerikan dan berbau bacin.
Semoga saja kita termasuk orang yang ketika sakaratul maut mendapati malaikat maut dalam keadaan menyenangkan dan tidak merasakan sakit.
Amin.

Comments

Popular posts from this blog

KONDISI MASYARAKAT ARAB PRA ISLAM

KEDUDUKAN WANITA MASA JAHILIAH, SETELAH DATANGNYA ISLAM, DAN MASA SEKARANG

Mengapa janda lebih banyak dari duda