Cara Jitu Menghafal Alquran

Alquran adalah kitab suci umat muslim yang diturunkan kepada nabi Muhammad Saw. agar menjadi pedoman dalam kehidupan manusia.

Kewajiban kita sebagai seorang muslim adalah menjaga agar generasi sekarang dan selanjutnya senantiasa menjadikan al-Quran sebagai pegangan hidup di dunia.

Dalam mempelajari al Quran tidak hanya sebatas kita membaca arti dalam terjemahannya saja, akan tetapi harus dibaca, dipahami maknanya, dan diamalkan dalam dalam kehidupan sehari-hari.

Jika kita ingin hidupnya mulia, maka kita harus mengamalkan Alquran, salah satu cara mengamalkannya yaitu dengan menghafalnya.

Menghafal Alquran bagi sebagian orang itu merupakan sesuatu yang sulit, apalagi bagi orang yang sama sekali tidak bisa membaca Alquran, namun hal ini tidak boleh menyurutkan kita untuk tetap berusaha menghafal Alquran, karena banyak sekali orang-orang di luar sana yang yang bisa menghafal Alquran dengan cepat.

Dalam menghafal Alquran dengan cepat, tentu saja membutuhkan cara yang tepat. Agar hafalan kita bisa sempurna.

Meskipun saya baru sedikit hafalannya, akan tetapi, saya akan mencoba memaparkan cara menghafal Alquran sesuai dengan yang saya pelajari ketika mengajar anak-anak untuk menghafal Alquran.

1. Sudah pasti tetapkan niat untuk bisa menghafal Alquran, tapi ingat. Niat kita harus benar-benar karena Allah.

Karena niat adalah pokok atau pondasi utama seseorang dalam menjalankan sesuatu. Ibarat membangun rumah, pondasinya harus kuat dulu. maka pondasi dalam menghafal Alquran.

2. Meminta pertolongan kepada Allah agar selalu bisa istiqomah dalam menghafal Alquran.

Hal ini sangat penting karena hanya dengan memohon kepada Allah dzat yang menurunkan Alquran tentu akan dipermudah dalam kita menghafalnya.

3. Kalau bisa, minta bimbingan kepada seorang hafidz, agar hafalan kita lebih terprogram. Tapi jika tidak ada, bisa minta bantuan orang-orang di rumah.

4. Bersungguh-sungguh mulai menghafal dari jus yang termudah yaitu juz 30 dan dari surat-surat yang pendek (An-Nas sampai An-Naba'). 1 ayat diulang-ulang selama 10-15 kali sampai benar-benar hafal.

5. Jangan berpindah ke ayat selanjutnya, sebelum kita benar-benar hafal ayat yang telah kita hafal.

6. Usahakan agar dalam menghafal, kita menggunakan mushaf yang tetap. Jangan berganti-ganti.

7. Setiap seminggu sekali dianjurkan muraja'ah/mengulang hafalan yang telah di hafalkan, lebih utama jika ada orang lain yang membantu mengecek hafalan kita.

8. Lakukan secara istiqomah atau kontinyu setiap hari. Ada yang menerapkan one day one ayat. Ini bisa di tiru.

9. Hafalkan sesuai kemampuan kita, jangan memaksakan diri untuk segera hafal 30 juz, sehingga melupakan hafalan yang sebelumnya.

10. Dalam menghafal tetap harus memperhatikan tata cara membaca Alquran yang baik dan benar (makharojul huruf, tajwid, dan tahsin). Jangan sampai kita nanti sudah hafal Alquran, tapi bacaannya tidak karuan.

Semoga ada manfaatnya.

Comments

Popular posts from this blog

KONDISI MASYARAKAT ARAB PRA ISLAM

KEDUDUKAN WANITA MASA JAHILIAH, SETELAH DATANGNYA ISLAM, DAN MASA SEKARANG

Mengapa janda lebih banyak dari duda