Kisah Umar bin Khattab RA. dengan Penggembala Kambing.

Abdullah bin Dinar menuturkan, "Suatu hari aku keluar menuju Mekkah bersama Umar bin Khattab ra. Di tengah perjalanan kami berhenti sejenak untuk beristirahat.

Pada saat itu  kami melihat anak kecil sedang menuruni bukit. Ternyata ia adalah seorang penggembala kambing.

Ketika bertemu dengan penggembala kambing itu, Umar ra berkata: " Juallah seekor kambingmu kepada saya, saya akan membayar kambingmu dengan harga mahal". Penggembala kambing itu menjawab: "Kambing itu semuanya milik tuan saya dan saya hanya seorang budak".
Umar bin Khattab berkata: "Katakan saja kepada tuanmu bahwa seekor kambing telah dimakan serigala".
Penggembala itu menjawab: "Kalau hal itu saya lakukan, lalu dimana Allah?

Mendengar jawaban itu, Umar ra. menangis.  Ia menemui tuan budak itu, membeli budak itu, dan memerdekakannya.
kemudian Umar berkata kepadanya, "Kata-katamu tadi telah membebaskanmu dari perbudakan di dunia, semoga kelak di akhirat kata-katamu tadi dapat membebaskanmu juga dari siksa neraka".

Hikmah dibalik kisah:
Seorang budak yang tidak punya apa-apa saja mampu menjaga amanat yang ditetapkan kepadanya. Tawaran menggiurkan dan alasan kuat untuk menipu tuannya tidak merubah pendiriannya. Andai saja sikap seperti ini dimiliki oleh setiap Muslim, maka dimanapun dia berada akan membawa kedamaian, ketentraman, dan kesejahteraan bagi umat manusia.

Comments

Popular posts from this blog

KONDISI MASYARAKAT ARAB PRA ISLAM

KEDUDUKAN WANITA MASA JAHILIAH, SETELAH DATANGNYA ISLAM, DAN MASA SEKARANG

Mengapa janda lebih banyak dari duda