Kandungan Surat An-Nasr

اذا جاء نصر الله و الفتح. ورايت الناس يدخلون في دين الله افواجا. فسبح بحمد ربك واستغفره انه كان توابا

Artinya:
Apabila telah datang Pertolongan Allah dan kemenangan dan engkau melihat manusia berbondong-bondong masuk agama Allah maka bertasbihlah dengan memuji Tuhan dan mohonlah ampunan kepadanya sungguh Dia maha penerima taubat.

Isi kandungan surat An Nasr.
surat An Nasr adalah surat ke 110 yang terdiri dari 3 ayat surat ini diturunkan di Mekah namun termasuk ayat atau surat madaniyah yang diturunkan pada saat haji Wada.

Turunnya surat ini menunjukkan masa yang digunakan oleh Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam untuk berdakwah yaitu menghabiskan waktu 23 tahun .

Pada tahun diturunkannya surat ini, banyak suku bangsa Arab yang menyatakan tunduk kepada agama Islam dan persatuan umat Islam pun terwujud.

Pada tahun ini pula nabi mengajak umat Islam dan nonmuslim untuk tidak menumpahkan darah, melarang riba, menganiaya dan lain sebagainya.

Hal ini menunjukkan bahwa dengan berdakwah dengan baik, lemah lembut kebajikan akan datang, sedangkan kebatilan akan musnah.  Hal ini Tentunya tidak akan pernah lepas dari campur tangan Allah subhanahu wa ta'ala yang memberikan hidayah kepada orang-orang untuk masuk Islam dan menjadikan yang haq adalah pemenangnya.

Dakwah merupakan suatu kewajiban yang berlaku bagi setiap muslim kita diperintahkan oleh Allah untuk menyampaikan yang haq walaupun susah.

Dalam kondisi apapun ajakan kepada kebenaran harus kita lakukan bahkan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi sallam mengatakan: Sampaikanlah olehmu apa yang kamu peroleh dariku walaupun hanya satu ayat. Dengan kata lain, dakwah adalah tugas yang harus dikerjakan oleh setiap muslim sebagai bukti keikhlasan kita kepada Allah.

Berdakwah pun harus sebaik mungkin jangan sampai orang lain merasa tersinggung dan terpaksa. Hal ini sesuai dengan firman Allah yang artinya: Dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang baik.

Dalam berdakwah pasti akan menemukan kendala-kendala yang akan menghalangi dakwah kita, namun dengan kesabaran dan keikhlasan kepada Allah kita akan memperoleh hasil yang sempurna. Sedangkan orang-orang yang berusaha menghalangi dakwah islamiyah akan mendapatkan balasan dari Allah berupa siksaan di neraka.

Comments

Popular posts from this blog

KONDISI MASYARAKAT ARAB PRA ISLAM

KEDUDUKAN WANITA MASA JAHILIAH, SETELAH DATANGNYA ISLAM, DAN MASA SEKARANG

Mengapa janda lebih banyak dari duda