Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Disusun Untuk Memenuhi Tugas:
Mata Kuliah               : Perencanaan Pengajaran
Dosen Pengampu        : Muhammad Djaeni M.pd



             





Disusun Oleh :
ZAINUL ANWAR
(2022112072)
KELAS PBA B

JURUSAN TARBIYAH PBA
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI PEKALONGAN
STAIN PEKALONGAN
2014



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah                         : MI SAWANGAN
Mata Pelajaran                        : Bahasa Arab
Kelas/Semester                        : VI/I
Pertemuan Ke                         : 3 dan 4
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi               : Berbicara(mengungkapkan informasi secara lisan dalam                                                         bentuk paparan atau dialog tentang kegiatan sehari-hari)
Kompetensi Dasar                   : 2.1 Melakukan dialog sederhana tentang الساعة، الافعال اليومية
                                                  2.2 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat                   sederhana tentang الساعة، الافعال اليومية

I.                   Materi Pokok
Kalam tentang الساعة، الافعال اليومية  dengan menggunakan 20 mufrodat baru

II.                Metode Pembelajaran
Ikhtiyarat/electic(sam’iyah safawiyah, tanya jawab, penugasan, dan lain-lain

III.             Langkah-langkah Pembelajaran:
1.      Kegiatan awal/Orientasi:
·         Guru menyapa dan memperkenalkan diri pada siswa
·         Guru bertanya kepada beberapa siswa tentang informasi pribadi(nama, alamat, asal sekolah, dll)
·         Guru menjelaskan kompetensi yang di harapkan akan dicapai dan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan berkenaan dengan
،الاعمال اليومية الساعة


2.      Kegiatan inti
·         Siswa berbicara hiwar/teks lisan tentang الساعة، الافعال اليومية  yang disampaikan guru melalui kaset, VCD/DVD atau suara guru langsung.
·         Siswa mendemonstrasikan الساعة، الافعال اليومية sesuai materi yang diperdengarkan dengan bimbingan guru.
·         Siswa mengidentifikasi makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan oleh guru.
·         Siswa menjelaskan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan oleh guru.
3.      Kegiatan Akhir
·         Siswa menjawab pertanyaan guru tentang makna kata, frase kalimat, dan seluruh hiwar atau teks lisan yang disimaknya.
·         Ragam فعل مضارع\ فعل امر+ مفعول به   dan maknanya yang terdapat dalam hiwar atau teks lisan yang disimaknya.
·         Kandungan materi dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang disimaknya.
·         Siswa mendemonstrasikan hiwar/teks lisan yang disimaknya.


IV.             Alat/ Bahan/Sumber belajar:
·         Buku paket, perangkat pembelajaran, kamus, majalah, komik, kaset, VCD/DVD, alat peraga, dll.

V.                Penilaian
Indikator pencapaian kompetensi
Teknik penilaian
Bentuk penilaian
Contoh instrumen
·         Melafalkan kata, kalimat dengan intonasi yang tepat
·         Menerjemahkan teks percakapan dalam bahasa indonesia
·         Mengajukan pertanyaan dengan lafal dan intonasi yang tepat
·         Memberikan jawaban dengan lafal dan intonasi yang tepat
·         Melakukan percakapan sederhana dengan intonasi yang tepat
·         Menentukan pokok isi percakapan
                                          Lisan
                                          Lisan
                                          Uraian
                                          Uraian
س:كم الساعة الان؟
ج: الان الساعة الثانية عشرة تماما
س: كم الساعة نرجع من المدرسة؟
ج: نرجع من المدرسة في الساعة الواحدة
س: متى تلعب مع اصحابك؟
ج: العب مع اصحابي في الساعة الرابعة مساء



Mengetahui;
Kepala Mis Salafiyah                                                                          Guru mata pelajaran
Sawangan                                                                                            Bahasa Arab



Inayah,Spd.I                                                                                       Zainul Anwar
NIP 197604072007012030                                                                NIM 2022112072




Comments

Popular posts from this blog

KONDISI MASYARAKAT ARAB PRA ISLAM

KEDUDUKAN WANITA MASA JAHILIAH, SETELAH DATANGNYA ISLAM, DAN MASA SEKARANG

Mengapa janda lebih banyak dari duda