Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Disusun Untuk
Memenuhi Tugas:
Mata Kuliah : Perencanaan Pengajaran
Dosen Pengampu : Muhammad Djaeni M.pd
Disusun Oleh :
ZAINUL ANWAR
(2022112072)
KELAS PBA B
JURUSAN TARBIYAH PBA
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI PEKALONGAN
STAIN PEKALONGAN
2014
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : MI
SAWANGAN
Mata Pelajaran :
Bahasa Arab
Kelas/Semester :
VI/I
Pertemuan Ke : 3 dan
4
Alokasi Waktu : 2 x 35
menit
Standar Kompetensi :
Berbicara(mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan
atau dialog tentang kegiatan sehari-hari)
Kompetensi Dasar : 2.1 Melakukan dialog sederhana
tentang الساعة، الافعال اليومية
2.2 Menyampaikan informasi secara lisan dalam
kalimat sederhana tentang الساعة،
الافعال اليومية
I.
Materi Pokok
Kalam tentang الساعة، الافعال اليومية dengan menggunakan 20 mufrodat baru
II.
Metode Pembelajaran
Ikhtiyarat/electic(sam’iyah safawiyah, tanya jawab, penugasan, dan
lain-lain
III.
Langkah-langkah Pembelajaran:
1.
Kegiatan awal/Orientasi:
·
Guru
menyapa dan memperkenalkan diri pada siswa
·
Guru
bertanya kepada beberapa siswa tentang informasi pribadi(nama, alamat, asal
sekolah, dll)
·
Guru
menjelaskan kompetensi yang di harapkan akan dicapai dan rencana kegiatan yang
akan dilaksanakan berkenaan dengan
،الاعمال اليومية الساعة
2.
Kegiatan inti
·
Siswa
berbicara hiwar/teks lisan tentang الساعة، الافعال اليومية
yang disampaikan guru
melalui kaset, VCD/DVD atau suara guru langsung.
·
Siswa
mendemonstrasikan الساعة، الافعال اليومية
sesuai materi yang diperdengarkan dengan bimbingan guru.
·
Siswa
mengidentifikasi makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang
diperdengarkan oleh guru.
·
Siswa
menjelaskan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang
diperdengarkan oleh guru.
3.
Kegiatan Akhir
·
Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang makna kata, frase kalimat, dan seluruh hiwar
atau teks lisan yang disimaknya.
·
Ragam
فعل مضارع\ فعل امر+ مفعول به dan maknanya yang terdapat dalam hiwar atau
teks lisan yang disimaknya.
·
Kandungan
materi dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang disimaknya.
·
Siswa
mendemonstrasikan hiwar/teks lisan yang disimaknya.
IV.
Alat/
Bahan/Sumber belajar:
·
Buku
paket, perangkat pembelajaran, kamus, majalah, komik, kaset, VCD/DVD, alat
peraga, dll.
V.
Penilaian
Indikator
pencapaian kompetensi
Teknik
penilaian
Bentuk
penilaian
Contoh
instrumen
·
Melafalkan
kata, kalimat dengan intonasi yang tepat
·
Menerjemahkan
teks percakapan dalam bahasa indonesia
·
Mengajukan
pertanyaan dengan lafal dan intonasi yang tepat
·
Memberikan
jawaban dengan lafal dan intonasi yang tepat
·
Melakukan
percakapan sederhana dengan intonasi yang tepat
·
Menentukan
pokok isi percakapan
Lisan
Lisan
Uraian
Uraian
س:كم
الساعة الان؟
ج:
الان الساعة الثانية عشرة تماما
س:
كم الساعة نرجع من المدرسة؟
ج:
نرجع من المدرسة في الساعة الواحدة
س:
متى تلعب مع اصحابك؟
ج:
العب مع اصحابي في الساعة الرابعة مساء
Mengetahui;
Kepala Mis Salafiyah Guru
mata pelajaran
Sawangan Bahasa
Arab
Inayah,Spd.I Zainul
Anwar
NIP 197604072007012030 NIM 2022112072
Comments
Post a Comment