Cara Berbakti Kepada Orang Tua

Berbakti kepada kedua orang tua merupakan kewajiban seorang anak, karena dengan keduanya, kita bisa terlahir dan hidup di dunia sampai sekarang ini.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kasih sayang orang tua kepada anaknya adalah kasih sayang yang benar-benar ikhlas tiada tertandingi dan tergantikan oleh siapapun.

Kedua orang tua menganggap anak adalah segalanya dalam kehidupan ini, sehingga terkadang mereka rela menderita, asalkan anaknya bahagia. Mereka rela menahan lapar demi melihat anaknya kenyang. mereka rela bekerja tak kenal lelah, demi menghidupi anak-anaknya.

Kehidupan yang kita rasakan sekarang ini, tidak bisa lepas dari peran orang tua, terutama ibu. Peran ibu lebih utama daripada bapak, karena ibu telah mengandung sembilan bulan dengan kepayahan, menyusui selama dua tahun, dan merawat anak dari lahir hingga dewasa.

Rasanya tidak akan terhitung jumlah pemberian kasih sayang orang tua terhadap anaknya. Maka pantaslah jika Allah memerintahkan kita untuk berbuat baik kepada orang tua. Di beberapa ayat dalam al-Qu'an akan kita temukan perintah Allah untuk berbuat baik kepada orang tua.

Firman Allah dalam surat al-Baqarah: 83

وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا

Artinya: "Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua"
Dalam surat al-Ankabuut: 8

وَوَصَّيْنَا الْاِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حُسْنًا

"Dan manusia diperintahkan untuk berbuat baik kepada kedua orang tuanya"

Bentuk-bentuk penghormatan kepada kedua orang tua:

1. Tidak boleh berkata "ah" dan berkata keras (membentak) kepada orang tua

Firman Allah dalam surat al-Isra' ayat 23-24

وَقَضَی رَبُّكَ اَنْ لَاتَعْبُدُوْا اِلّا اِيّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا. اِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ اَحَدُهُمَا اَوْكِلَاهُمَا فَلَاتَقُلْ لَهُمَا اُفٍّ وَلَاتَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيْمًا

Artinya: "Dan Allah telah memerintahkanmu untuk menyembah hanya kepada-Nya dan berbuat baik kepada orang tua.

Termasuk larangan berkata "hus" kepada orang tua. Berkata "ah dan "hus" saja tidak boleh apalagi berkata kasar kepada orang tua. Na'udzubillah

2. Mematuhi semua perintah orang tua

Sebagai seorang anak wajib untuk mematuhi perintah orang tua, kecuali perintah untuk bermaksiat kepada Allah. Menolaknyapun harus dengan sopan, santun, serta jangan sampai menyakiti hati orang tua. 

3. Selalu mendoakan orang tua

Mendoakan orang tua bukan hanya ketika mereka sudah meninggal, akan tetapi ketika mereka masih hidup. Berikut adalah do'a untuk kedua orang tua:

 رَبّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَِالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرًا

Artinya: "Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan dosa kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya seperti mereka mendidikku (menyayangiku) sewaktu kecil"

4. Menjaga nama baik orang tua

Seorang anak tidak boleh melakukan perbuatan yang bisa mencemarkan nama baik orang tua. Seperti: suka mencuri, berbohong, berzina, dan semua perbuatan yang bisa menjatuhkan martabat orang tua.

5. Tidak boleh bermuka masam
Anak tidak boleh menampakkan wajah cemberut kepada orang tua, ketika ada suatu hal yang tidak disukai anak dari orang tuanya. Sebaliknya tetap berusaha tersenyum meskipun kadang pendapat orang tua tidak sejalan dengan pendapat kita. Namun yakinlah bahwa pendapat orang tua itu yang terbaik bagi kita.

6. Sering berkunjung ke rumah orang tua
Apabila orang tua kita masih sehat, maka ajaklah anak istri kita untuk mengunjunginya. Karena orang tua akan sangat bahagia jika kita sering mengunjungi mereka, apalagi sambil membawa anak istri kita. Jangan lupa saat bertemu dan pulang, cium tangan kedua orang tua kita.

7. Memberikan nafkah kepada orang tua
Selain kepada istri, anak laki-laki juga berkewajiban memberi nafkah kepada orang tuanya, tentu hal ini dilakukan setelah istri dan anak-anak kita tercukupi kebutuhannya. Selagi anak dan istri masih kekurangan, maka kita tetap harus mendahulukan anak istri kita dibanding orang tua kita. Namun kita tidak boleh melupakan kewajiban kita kepada orang tua. Adapun syarat seorang anak untuk menafkahi orang tua, yaitu:
1. Karena orang tua sudah tidak punya penghasilan
2. Anak sudah bisa mencukupi nafkah untuk anak istrinya

8. Menjaga komunikasi dengan orang tua
Meskipun seorang anak tidak bisa memberikan sesuatu kepada orang tua, namun apabila si anak sering berkomunikasi dengan orang tua, meskipun cuma bertanya kabar kewat telepon, WA, dan lain-lain, hal ini sudah menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orang tua.

Demikian cara berbakti kepada orang tua. Semoga bermanfaat.


Comments

Popular posts from this blog

KONDISI MASYARAKAT ARAB PRA ISLAM

KEDUDUKAN WANITA MASA JAHILIAH, SETELAH DATANGNYA ISLAM, DAN MASA SEKARANG

Mengapa janda lebih banyak dari duda