3 Cara Agar Pahala Mengalir Terus

Pernahkah terpikir oleh kita ketika kita tidak bekerja sama sekali tetapi uang dan kekayaan mengalir terus? Pastinya senang bukan? Bagaimana kalau yang terjadi bukan uang tetapi pahala? bagi seorang muslim yang merindukan kehidupan yang bahagia di akhirat tentu lebih bahagia.

Pahala adalah ibarat simpanan uang di dunia yang dapat kita gunakan untuk berbelanja apa saja kelak di akhirat. Pahala bagi seorang mukmin yang taat lebih disukai daripada uang dan kekayaan.

Berbeda dengan cara berpikir kebanyakan orang yang cenderung hedonis dan materialistis, orang mukmin yang benar-benar taat tidak akan menukar kehidupan dunia dengan kehidupan akhirat.

Selanjutnya bagaimana cara berinvestasi pahala yang terus mengalir sampai orang yang berinvestasi meninggalkan dunia ini? caranya adalah seperti yang Allah sampaikan melalui rasulnya. Rasulullah Saw bersabda :
اِذَا مَاتَ ابْنُ اٰدَمَ اِنْقََطَعَ عَمَلُهُ اِلَّا مِنْ ثَلَاثٍ. صَدَقَۃٍ جَارِيَۃٍ اَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ اَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُوْلَهُ

Artinya: "Ketika anak Adam meninggal, putuslah semua amalnya, kecuali tiga. Sadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak soleh yang mendoakan kepadanya". (HR. Bukhari Muslim)

1. Sadaqah Jariyah
Sadaqah jariyah merupakan amalan yang pahalanya terus mengalir meskipun pelakunya sudah meninggal.
Contoh sadaqah jariyah:
✓Membangun sarana ibadah seperti: masjid, mushala,.madrasah, majelis taklim, dan lain-lain.
✓membuat sumur atau mengalirkan sungai untuk kepentingan orang banyak.
✓Membangun sarana sosial, seperti: sekolah, rumah sakit, panti jompo, rumah yatim, dan lain-lain.
✓Mewakafkan barang yang digunakan untuk ibadah, seperti: mewakafkan mushaf, mewakafkan tanah untuk jalan, dan lain-lain.

2. Ilmu yang Bermanfaat
Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang diamalkan, meskipun sedikit. Misalnya ketika kita mengajarkan ilmu membaca al-Qur'an kepada orang lain, dan orang tersebut mengamalkan ilmunya, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Maka pahalanya akan terus mengalir kepada si pengajar ilmu tanpa mengurangi sedikitpun pahala dari orang tersebut.

3. Anak Saleh yang Mendoakan
Peran anak yang saleh sangat penting bagi orang tua, karena anak merupakan ladang amal kita nantinya di akhirat. 

Anak merupakan investasi jangka panjang bagi orang tua karena do'a anak yang saleh pahalanya terus mengalir meskipun kelak kita sudah meninggal.

Oleh karena itu, kita harus bersungguh-sungguh dalam mendidik anak kita, supaya menjadi anak-anak yang saleh dan salehah yang kelak akan selalu mendoakan kita. Amin

itulah tiga amalan menurut hadits Nabi yang pahalanya akan terus mengalir kepada seseorang, meskipun orang tersebut sudah meninggal.

Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

KONDISI MASYARAKAT ARAB PRA ISLAM

KEDUDUKAN WANITA MASA JAHILIAH, SETELAH DATANGNYA ISLAM, DAN MASA SEKARANG

Mengapa janda lebih banyak dari duda