Doa Sebelum dan Sesudah Melakukan Sesuatu

Setiap orang setiap saat pasti melakukan suatu aktivitas tertentu, seperti makan, minum, tidur, kerja, jalan-jalan, olahraga, bermain, dan segala aktivitas lainnya.

Sebagai seorang muslim tentunya kita tidak ingin jika aktivitas yang kita lakukan setiap saat itu tidak bernilai ibadah yang pada akhirnya tidak mendatangkan pahala sama sekali. Sayang sungguh disayang.

Agar aktivitas yang kita jalankan bernilai pahala maka harus diawali dan diakhiri dengan doa, selain itu hendaknya aktivitas yang kita lakukan juga disertai dengan niat untuk ibadah kepada Allah. Misalnya, kita makan dengan niat agar badan kita kuat untuk beribadah, kita tidur supaya badan tetap bugar dalam beribadah, kita bekerja untuk bekal ibadah, dan semua aktivitas lainnya juga tetap untuk ibadah. Niatkan itu dalam hati ketika hendak atau saat melakukan aktivitas. 

Inilah doa yang di baca ketika akan melakukan sesuatu, akan lebih baik jika ditambahkan dengan doa yang lain. Misalnya kita akan makan, kita baca basmallah dan disambung dengan doa hendak makan, kita hendak naik kendaraan, kita baca basmallah dengan diikuti doan naik kendaraan, dan lain sebagainya, tergantung aktivitas apa yang akan dilakukan.

Doa yang dibaca yaitu بسم الله الرحمن الرحيم saat hendak melakukan sesuatu. Artinya: "Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang".

Selain bernilai pahala dengan membaca basmallah sebelum melakukan aktivitas, Allah akan mempermudah dan menyempurnakan aktivitas kita sehingga hasilnya bisa sempurna dan memuaskan.

Lalu bagaimana apabila kita sudah atau sedang melakukan sesuatu, namun kita lupa kalau sebelumnya kita belum membaca basmallah?

Jika kita melakukan sesuatu namun lupa tidak membaca basmalah terlebih dahulu dan ketika ditengah aktivitas itu kita ingat, maka bacalah بسم الله في اوله واخره  artinya dengan menyebut nama Allah diawal dan diakhir.

Kemudian apabila kita telah selesai melakukan aktivitas maka tutuplah dengan bacaan hamdallah yang berbunyi الحمد لله رب العالمين artinya: "Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam".

Bagi teman-teman yang sudah tahu, mari kita amalkan dan kasih tahu kepada orang lain. Jangan sampai aktivitas yang kita lakukan tidak bernilai pahala. Kan sayang-sayang.

Kalau sudah tahu hal tersebut bisa diibaratkan kita menyelam sambil minum air, aktivitas yang kita lakukan selesai namun di sisi Allah juga bernilai pahala yang akan kita nikmati kelak di akhirat.

Comments

Popular posts from this blog

KONDISI MASYARAKAT ARAB PRA ISLAM

KEDUDUKAN WANITA MASA JAHILIAH, SETELAH DATANGNYA ISLAM, DAN MASA SEKARANG

Mengapa janda lebih banyak dari duda