Cara Mendapatkan Banyak Pahala Pada Hari Jum'at

Semua hari menurut agama Islam itu baik, namun hari Jumat merupakan hari yang istimewa dan merupakan سَيِّدُ الْاَيّامِ artinya pemimpinnya hari. Keistimewaan yang dimiliki pada hari Jumat yaitu diadakannya shalat Jumat sebagai pengganti shalat dhuhur di hari itu.

Selain itu, terdapat kesunahan-kesunahan lain yang bisa kita dapatkan khusus pada hari Jumat. Sunah-sunah itu antara lain:

1. Membaca surat al-Kahfi

Barangsiapa membaca surat al-Kahfi, maka ia akan disinari cahaya diantara 2 Jumat.

2. Membaca shalawat

Shalawat terpendek adalah صَلَی اللّٰهُ عَلَی مُحَمَّدٍ. Meskipun kita baca yang pendek tetap saja terhitung bershalawat. 

Rasulullah bersabda: "Perbanyaklah shalawat kepadaku  pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti”.

3. Memotong kuku dan mencukur rambut

Bersumber dari Abu Ja'far yang diambil dari kitab Asunanul Kubro. "Nabi Saw biasa mencukur kuku dan kumisnya pada hari Jumat".

4. Mandi

Bagi yang akan menunaikan shalat Jumat disarankan agar mandi terlebih dahulu, namun mandi bukan syarat sah shalat, sehingga tidak perlu khawatir apabila tidak sempat mandi.

Rasulullah bersabda: "Apabila salah seorang dari kalian mendatangi shalat Jumat, maka hendaklah ia mandi". (HR. Bukhari Muslim).

5. memakai pakaian terbaik

Pakaian yang dikenakan saat menunaikan shalat Jumat tidak luput dari ibadah sunnah. Orang yang hendak shalat disarankan memakai pakaian yang rapi, bersih, dan diutamakan berwarna putih. dan memakai wangi-wangian sebelum berangkat shalat Jumat.

6. Perbanyak membaca doa

Dari Abu Hurairah Ra. Rasulullah Saw membicarakan mengenai hari Jumat. Rasullah Saw bersabda:
Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut".

7. Membaca surat as-Sajdah pada rakaat pertama dan al-Insan pada rakaat kedua pada shalat Subuh

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membaca pada shalat Shubuh di hari Jum’at “Alam Tanzil …” (surat As Sajdah) pada raka’at pertama dan “Hal ataa ‘alal insaani hiinum minad dahri lam yakun syai-am madzkuro” (surat Al Insan) pada raka’at kedua.”

8. Perbanyak bersedekah

Hari Jumat adalah hari dimana pahala sedekah berlipat ganda.

Rasullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda "pahala sedekah berlipat ganda pada hari Jumat".

Sedekah tidak hanya berupa uang, Rasullah bersabda:

"Sesungguhnya tiap-tiap tasbih adalah sedekah, tiap-tiap tahmid adalah sedekah, tiap-tiap tahlil adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, melarang daripada kemungkaran adalah sedekah, dan berhubungan badan dengan istri adalah sedekah." (HR Muslim).

Comments

Popular posts from this blog

KONDISI MASYARAKAT ARAB PRA ISLAM

KEDUDUKAN WANITA MASA JAHILIAH, SETELAH DATANGNYA ISLAM, DAN MASA SEKARANG

Mengapa janda lebih banyak dari duda